Minggu, 28 Oktober 2012

Sepenggal perjalanan menuju Morowali

Gerbang Selamat Datang dari arah Poso ke Morowali

Morowali merupakan Kabupaten baru. Kabupaten yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Poso. Saya tidak akan banyak menceritakan tentang data administratif Kabupaten Morowali. Saya hanya akan menceritakan semua keindahan yang ada di Morowali, yang bagi saya, anda-anda sekalian akan menyesal seumur anda hidup jika tidak menikmati Pesona alam dan Budaya di daerah ini.

Ini saya ( Andi W. Warsito, katakanlah ), merupakan salah satu warga baru di Morowali. Saya sudah 6 tahun ( semenjak tahun 2007 ), mengijakan di Bumi Morowali yang penuh keindahan.

Perjalanan saya menuju ke Morowali cukup panjang. Saya melalui Rute dari Makasar-Pare Pare-Palopo-Soroako kemudian menyeberang Danau Matano, menuju ke Morowali. Mari kita tengok Posisi Morowali dalam Peta berikut : 




Oke, kenapa saya hanya memberikan rute perjalanan dari Makasar ( Judulnya juga sepenggal perjalanan menuju Morowali ), hahahahaha.... Bukan Sodek....kok Sodek???? Sodek itu maksudnya Sobat Dekat.

Jadi begini Sodek, kita tau kan, Indonesia Bagian Timur banyak jalan darat yang rusak. Nah, Sulawesi  dapat bagiannya untuk jalan yang jelek tersebut.

Sebenarnya banyak jalan menuju Cina...eh...Morowali, yaitu dari :

1. Palu
2. Poso
3. Luwuk
4. Soroako
5. Masamba
6. Makasar

Lho, Morowali mana???....Morowali belum punya Bandara Sodek. Rencana tahun 2014 dah jadi tuh Bandara nya. Doain ya...

Mari kita bahas satu per satu ya mengenai pilihan perjalanan tersebut. Kita mulai dari ;

1. Palu ( ± 431 KM menuju Morowali-Kolonodale- )

Palu ada Bandara, namanya Bandar Udara Mutiara. Setiba di Palu kita banyak alternatif menuju Morowali, mulai rental mobil ( Innova, Avanza, Xenia ) atau travel ( Delita, Jawa Indah, Faiz dll ). Perjalanan dari Palu menuju Morowali di tempuh 10 hingga 12 Jam. 

Kota yang akan di lewati meliputi Palu-Parigi-Poso-Tentena-Taripa-Tomata-Beteleme-Tompira-Kolonodale/Bungku. Yang saya cetak tebal sudah masuk di Kabupaten Morowali.

Bagi anda yang belum terbiasa perjalanan darat yang jauh dan berkelok-kelok, siap-siap anda akan mabuk, namun sebaliknya jika anda justru menyukainya, perjalanan ini menjadi pilihan anda.

Palu ke Parigi, kita akan melewati Kebun Kopi, inilah lokasi yang banyak tikungannya ( ekstra hati-hati ).

Parigi-Poso merupakan daerah datar dan melewati pesisir Pantai nan Indah suasananya.

Poso-Tentena-Taripa-Tomata-Beteleme, kita akan kembali dikoyak-koyak oleh jalan  yang membuat pantat kita selalu bergeser dari tempat duduknya. Jangan sampai anda membuat jalan sendiri, akibatnya akan fatal ( Jurang yang menunggu anda ).

Beteleme-Tompira-Kolonodale/Bungku, inilah daerah yang sudah masuk ke daerah Morowali, jalan datar tanpa banyak tikungan. Kecuali 5 KM mendekati Kolonodae. Namun jika kearah Bungku, anda akan melewati jalan datar seterusnya. Bungku merupakan ibukota Morowali.


2. Poso ( ± 221 KM menuju Morowali-Kolonodale- )

Jika anda mempunyai uang lebih, alangkah baiknya anda menggunakan Pesawat hingga Poso. Penerbangan kearah Poso dibuka kembali sekitar tahun 2009. Jadi istilahnya anda memotong kompas perjalanan anda. Waktu tempuh ke Morowali sekitar 4.5 hingga 6 jam.

Rute perjalanan tersebut sama seperti yang saya sebutkan diatas. Poso-Tentena-Taripa-Tomata-Beteleme, kita akan kembali dikoyak-koyak oleh jalan  yang membuat pantat kita selalu bergeser dari tempat duduknya. Jangan sampai anda membuat jalan sendiri, akibatnya akan fatal ( Jurang yang menunggu anda ).

Beteleme-Tompira-Kolonodale/Bungku, inilah daerah yang sudah masuk ke daerah Morowali, jalan datar tanpa banyak tikungan. Kecuali 5 KM mendekati Kolonodae. Namun jika kearah Bungku, anda akan melewati jalan datar seterusnya. Bungku merupakan ibukota Morowali.


3. Luwuk ( ± 225 KM menuju Morowali-Kolonodale- )

Jika anda mempunyai uang lebih jg, alangkah baiknya anda menggunakan Pesawat hingga Luwuk ( Banggai ). Dari Luwuk perjalanan ke Morowali ada 2 pilihan :

A. Luwuk - Kolo - Kolonodale

Luwuk - Kolo perjalanan darat selama 3 jam. Di Kolo harus menginap atau menyesuaikan waktu sampainya di Kolo, dipaskan dengan perjalanan Laut, karena penyeberangan dari Kolo ke Kolonodale sekitar jam 9.00 Wita ( Pagi ) dan sampai Kolonodale 17.00 Wita ( Sore ).

B. Luwuk - Ampana - Tentena - Taripa - Tomata - Beteleme - Kolonodale

Perjalanan ini ditempuh sekitar 12 Jam, perjalanan darat tentunya. Ada jasa rental mobil atau travel.

4. Soroako ( ± 80 KM menuju Morowali-Kolonodale- )

Di Soroako terdapat Bandara Udara Non Komersil PT Vale Indonesia ( Dulu PT INCO, red ). Jika terdapat kursi dalam penerbangan Non Komersil tersebut, kita bisa membeli tiket pesawat ke arah Soroako tersebut, namun harga tiket terasa sangat mahal bila bukan Karyawan PT Vale Indonesia. Dan jika sudah mendapatkan tiket pun, hati-hati, bila ternyata ada karyawan PT Vale Indonesia tiba-tiba membutuhkan tiket tersebut, tiket kita pasti akan di Re-Fund.

Dari Soroako kita bisa menggunakan Ojek menuju Pelabuhan Soroako untuk menyeberang Danau Matano kearah Nuha. Dari Nuha menuju Morowali ( Kolonodale/Bungku ), bisa menggunakan travel Mega Mas, Liman, Adhi Putra atau travel-travel pribadi.

Waktu tempuh dari Nuha ke Morowali ( Kolonodale ), sekitar 2.45 Jam. Jika lancar.



5. Masamba

Jika tiket pesawat menuju Soroako Full Book, jangan kawatir, ada pesawat perintis komersil dapat landing  di Bandar Udara Masamba. Tentunya bagi yang dapat merengkuh kocek lebih. Dari Masamba, perjalanan dilakukan melalui darat melalui Soroako ( 4 Jam dari Masamba ke Soroako ) dan menyeberang Danau Matano kearah Nuha. Dari Nuha menuju Morowali ( Kolonodale / Bungku ), bisa menggunakan travel Mega Mas, Liman, Adhi Putra atau travel-travel pribadi.

Waktu tempuh dari Nuha ke Morowali ( Kolonodale ), sekitar 2.45 Jam. Jika lancar. 

6. Makasar (  ± 700 KM menuju Morowali-Kolonodale- )

Dan bila kocek kita pas-pas an, kita bisa hanya sampai Makasar. Dari Makasar perjalanan kita bisa dilanjutkan melalui darat menuju Morowali. Waktu tempuh 12 jam hingga Soroako, penyeberangan 30 Menit, dan dari Nuha ke Morowali-Kolonodale- sekitar 2.45 Jam.

Banyak jasa tranportasi yang melayani hingga Morowali, yaitu :

1. Bus Liman
2. Bus Mega Mas
3. Bus Adhi Putra

Jasa transportasi yang hanya sampai Soroako, yaitu :

1. Bus Bintang Timur
2. Bus Litha

Harga Bus tersebut bervariasi yaitu Rp 90.000 - 170.000 hingga Soroako. Dan bila lanjut ke Morowali ( Soroako - Morowali ) berkisar Rp 80.000 - 120.000.

41 komentar:

  1. Mau tanya berapa ongkos bus dari morowali ke palu ya? Thx sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo.. Mas Frangky

      Dimana posisi anda saat ini?

      Ada beberapa travel yang dapat di gunakan, saya kasih referensi dua lokasi asal di Morowali yang saya tahu :

      1. Faiz Travel
      Dari Bungku sekitar Rp. 200.000,00
      Dari Kolonodale sekitar Rp 160.000,00
      Dari Tompira sekitar Rp. 140.000,00

      2. Delita Express
      Dari Kolonodale sekitar Rp 160.000,00
      Dari Tompira sekitar Rp. 140.000,00

      3. Putra Morowali
      Dari Kolonodale sekitar Rp 160.000,00
      Dari Tompira sekitar Rp. 140.000,00

      4. Putra Bali
      Dari Bungku sekitar Rp. 200.000,00
      Dari Kolonodale sekitar Rp 160.000,00
      Dari Tompira sekitar Rp. 140.000,00

      5. Jawa Indah
      Dari Bungku sekitar Rp. 200.000,00
      Dari Kolonodale sekitar Rp 160.000,00
      Dari Tompira sekitar Rp. 140.000,00

      6. Metro Express
      Dari Bungku sekitar Rp. 200.000,00
      Dari Kolonodale sekitar Rp 160.000,00
      Dari Tompira sekitar Rp. 140.000,00

      7. Allugoro
      Dari Bungku sekitar Rp. 200.000,00
      Dari Kolonodale sekitar Rp 160.000,00
      Dari Tompira sekitar Rp. 140.000,00

      Semua menggunakan kendaraan L300 atau sejenisnya dan menggunakan AC. Kecuali Jawa Indah, pakai Bus Kecil dan tidak ada AC nya.

      Untuk urusan AC, yang recomended adalah yang Delita Express, Metro Express dan Allugoro, selain itu kadang AC tidak menyala karena banyak yang tidak tahan AC.

      So, Mas Frangky tinggal pilih.

      Hapus
    2. Kalo bus dari palu ke manado brp biayanya ya?
      Thx utk info sblmnya.

      Hapus
    3. Kalau untuk rute tersebut saya kurang Copy Mas.

      Hapus
    4. siang mas andi....salam kenal ya...

      klo dari jakarta ke morowali, alternatif perjalanannya apa aja ya mas...

      makasih ya
      bonnie

      Hapus
    5. Jakarta makassar..atau jakarta palu..

      Hapus
    6. Saya mau tanya bus mlam ke moroali smpai jam berapa

      Hapus
  2. Siang jg Mas Bonie,

    Salam kenal,

    Ada 5 titik lokasi inti tujuan jika sampeyan dari Jakarta Mas :

    1. Flight Jakarta - Makasar

    Jika Sampeyan tujuan ke Morowali bagian utara. Rute ini yang tepat menjadi pilihan anda. Rute tersebut adalah sebagai berikut :

    Jika sudah sampe Makasar anda bisa menggunakan armada Bus Makasar sampai Soroako, berikut bus yang dapat anda gunakan ( saya sebutkan bus yg recomended saja ) :

    a. Bus Bintang Timur. Termahal Rp. 180.000,- untuk high class.

    Usahakan telpon sebelumnya jika anda akan Booking Bus tersebut dan anda menunggu di Hotel Transit I & II atau Hotel Dharma Nusantara. CP tersebut adalah sebagai berikut 0411590418 atau 085395269595. Atau langsung ka Terminal Daya. Banyak Taksu di Bandara.

    b. Bus Liman, termahal Liman Scania Rp 180.000,00

    Usahakan telpon sebelumnya jika anda akan Booking Bus tersebut dan anda menunggu di Hotel Transit I & II atau Hotel Dharma Nusantara. CP tersebut adalah sebagai berikut 0411458405 atau 081355889485.

    2. Flight Jakarta - Kendari

    Jika tujuannya adalah Morowali bagian tengah atau selatan, rute ini yang paling tepat. dengan menggunakan travel atau rental yang ada tujuan Bungku Morowali. Namun banyak jalan yang rusak.

    3. Flight Jakarta - Palu

    Jika Sampeyan tujuan ke Morowali bagian utara. Rute ini juga bisa menjadi pilihan anda. Jika sudah sampai Bandara Palu, anda usahakan merental kendaraan jika ada uang lebih atau menggunakan rental.

    Ada beberapa travel yang dapat di gunakan, saya kasih referensi kearah Morowali yang saya tahu :

    1. Faiz Travel
    Dari Bungku sekitar Rp. 200.000,00
    Dari Kolonodale sekitar Rp 160.000,00
    Dari Tompira sekitar Rp. 140.000,00

    2. Delita Express
    Ke Kolonodale sekitar Rp 160.000,00
    Ke Tompira sekitar Rp. 140.000,00

    3. Putra Morowali
    Ke Kolonodale sekitar Rp 160.000,00
    Ke Tompira sekitar Rp. 140.000,00

    4. Putra Bali
    Ke Bungku sekitar Rp. 200.000,00
    Ke Kolonodale sekitar Rp 160.000,00
    Ke Tompira sekitar Rp. 140.000,00

    5. Jawa Indah
    Ke Bungku sekitar Rp. 200.000,00
    Ke Kolonodale sekitar Rp 160.000,00
    Ke Tompira sekitar Rp. 140.000,00

    6. Metro Express
    Ke Bungku sekitar Rp. 200.000,00
    Ke Kolonodale sekitar Rp 160.000,00
    Ke Tompira sekitar Rp. 140.000,00

    7. Allugoro
    Ke Bungku sekitar Rp. 200.000,00
    Ke Kolonodale sekitar Rp 160.000,00
    Ke Tompira sekitar Rp. 140.000,00

    Semua menggunakan kendaraan L300 atau sejenisnya dan menggunakan AC. Kecuali Jawa Indah, pakai Bus Kecil dan tidak ada AC nya.

    Untuk urusan AC, yang recomended adalah yang Delita Express, Metro Express dan Allugoro, selain itu kadang AC tidak menyala karena banyak yang tidak tahan AC.

    4. Flight Jakarta - Poso

    Dan jika ada uang lebih lagi, anda bisa menggunakan Pesawat hingga Poso, ada 2 kali penerbangan kearah Poso. Dari Poso ke Morowali bisa menggunakan armada seperti dari Palu ke arah Morowali, karena Palu-Morowali melewati Poso.

    5. Flight Jakarta - Luwuk

    Jika tujuannya juga Morowali bagian Utara atau tengah.
    Dari Luwuk perjalanan ke Morowali ada 2 pilihan :

    A. Luwuk - Kolo - Kolonodale

    Luwuk - Kolo perjalanan darat selama 3 jam. Di Kolo harus menginap atau menyesuaikan waktu sampainya di Kolo, dipaskan dengan perjalanan Laut, karena penyeberangan dari Kolo ke Kolonodale sekitar jam 9.00 Wita ( Pagi ) dan sampai Kolonodale 17.00 Wita ( Sore ).

    B. Luwuk - Ampana - Tentena - Taripa - Tomata - Beteleme - Kolonodale

    Perjalanan ini ditempuh sekitar 12 Jam, perjalanan darat tentunya. Ada jasa rental mobil atau travel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada jasa pengiriman barang misal motor dari arah batui kab.banggai ke bungku Morowali gak?

      Hapus
  3. Salam Mas ANDI, mau Tanya NIH...kalau hotel di morowali yang Aman dan bersih Ada rekomendasi ? Terima kasih ya Mas Andi

    Salam
    Nia

    ( Ada Rendrana dines kesana NIH Mas)

    BalasHapus
  4. Sori mbak,
    Telaaaaat banget balesnya. Jarang buka blog ini. Sudah Dines ke Morowali ya mbak?
    Dimana alamat Morowali nya mbak?

    BalasHapus
  5. mohon info, rencana januari atau mei 2014 saya mau ke bungku via makassar-soroako, penyebrangan dari soroako tembus ke kolonodale atau bungku ya? bus dari makassar ke soroako paling malam jam berapa? mungkin bisa inbox no hp via email? trima kasih sebelumnya,

    BalasHapus
  6. Bus Makasar Soroako dijangkau kurang lebih 10-12 Jam.

    Ada beberapa Bus yg saya rekomendasikan :

    a. Bus Bintang Timur. Termahal Rp. 200.000,- untuk high class.

    Paling Malam jam 20.00 WITA tiba di Hotel.

    Usahakan telpon sebelumnya jika anda akan Booking Bus tersebut, (0411)590418 atau 0852-5666-0050 atau 0853-9526-9595.

    Dan anda bisa menunggu di Hotel Transit I & II, Telp. 0411590418/085395269595 atau ke Hotel Dharma Nusantara , Telp. (0411)5533108/(0411)5078018/0813-3554-5554. Jika mau booking hotel, anda bisa dijemput.

    Atau langsung ka Terminal Daya. Banyak Taksi di Bandara.

    b. Bus Liman, termahal Liman Cinia Rp 180.000,00-200.000,00

    Paling Malam jam 20.00-21.00 tiba di Hotel.

    Usahakan telpon sebelumnya jika anda akan Booking Bus tersebut, (0411)458405 atau 0821-9377-3565

    Dan anda bisa menunggu di Hotel Transit I & II, Telp. 0411590418/085395269595 atau ke Hotel Dharma Nusantara , Telp. (0411)5533108/(0411)5078018/0813-3554-5554. Jika mau booking hotel, anda bisa dijemput.

    Atau langsung ka Terminal Daya. Banyak Taksi di Bandara.

    c. Bus Mega Mas, Paling Mahal Rp.180.000,00

    Paling Malam jam 7.30 WITA tiba di Hotel.

    Usahakan telpon sebelumnya jika anda akan Booking Bus tersebut, (0411)586098 (Perwakilan). atau di Terminal Daya 0812-4133-1777.


    Dan anda bisa menunggu di Hotel Transit I & II, Telp. 0411590418/085395269595 atau ke Hotel Dharma Nusantara , Telp. (0411)5533108/(0411)5078018/0813-3554-5554. Jika mau booking hotel, anda bisa dijemput.

    Atau langsung ka Terminal Daya. Banyak Taksi di Bandara.


    Rute Bus tersebut yaitu Makasar - Pare-Pare - Palopo - Masamba - Soroako. Jika mau ke Morowali. Bus Liman dan Bus Mega Mas, bisa link ke Morowali diteruskan dengan Bus 3/4 atau ELF, setelah penyeberangan menuju Nuha.

    Alamat email saya andiwwarsito@gmail.com

    BalasHapus
  7. Malem mas, kalo jam berangkatnya delita express dr kolonodale ke palu itu jam berapa aja ya?
    ada yg sore ga?

    BalasHapus
  8. Hallo Gun..
    Kalo kami ada perjalanan ke daerah, enaknya pakai travel ini saja.

    Batiar.

    BalasHapus
  9. Paling cepat lwt kendari, cuma 10 jam, misal dari jakarta

    BalasHapus
  10. Boleh nih share infonya, btw kalo dari palu ke poso ada tidak yg jam 10 malam?(no tlp) karena penerbangan sore dr surbaya ke palu sampainya jam 21.40. terima kasih

    BalasHapus
  11. Palu ke manado naik apa jalur darat ? Jam berapa ? Thanks Q

    BalasHapus
  12. Bro... Di Morowali apa ada penginapan ber ac? Trus apakah didaerah sana sudah ada internet? Terima kasih..

    BalasHapus
  13. Ada rencana menuju SD 3 bungku utara kabupaten morowali, apa rekonmen utk perjalanan saya tersebut? berapa ongkos yang harus dipersiapkan? bagaimana keamanan selama diperjalanan?

    BalasHapus
  14. mantab bro andiww kapan kita ke morowali lagi

    BalasHapus
  15. siang bang,,,, mau nanya klu dati tator ke marowali apa ada perwakilan bis yg layanin,,, tlong info'y bang ?

    BalasHapus
  16. bang bisa minta alamat emailnya ?

    BalasHapus
  17. selamat sore, bisa info kontak hotel di bungku dan sekitarnya.
    terimakasih

    BalasHapus
  18. Siang Mas Andy
    Sy sekrng berada dipalopo kota renc. akan melalui jalan darat ke Morowalie..mana2 sja rute yg akan sya lalui..mohon petunjuknya serta detail rutenya..terimakasih

    BalasHapus
  19. mas AWI punya kontak person..tolong di emailkan ya di asrul.sani08@gmail.com..trimz

    BalasHapus
  20. Mau tanya tarif bus, makasar-marowali berapa ya

    BalasHapus
  21. emea 》tomata hari in adah mobilnya

    BalasHapus
  22. emea 》tomata hari in adah mobilnya

    BalasHapus
  23. Hallo , selamat sore mau tanya kalau perjalanan kolonodale - bungku lewat darat sekitar berapa jam ya?

    BalasHapus
  24. Jadi jalur tercepat ke kolonodale dari Sorowako yah

    BalasHapus
  25. info harga tiket bus dari makassar ke morowali juga gan,

    BalasHapus
  26. Mau tanya..bus dari palu ke kolonedale ad ?? Kalau ada berapa harga kursi untuk 2 orang

    BalasHapus
  27. Nice info gan. Ulasan yang menarik.

    Kunjungi juga Perjalanan ke Morowali Utara

    BalasHapus
  28. Mi kalo pulang ke Maros mending naek bus Mega Mas dari Bahodopi (nama kecamatan lokasi pabrik nikel di Morowali) lewat Bungku (ibukota kabupaten Morowali), nyeberang danau Nuha langsung Soworako langsung Makassar Rp 350 ribu bus AC ukuran 3/4 (bus ukuran sedeng).....
    kalo naek bus Adhie Putra Rp 360 ribu gak nyebrang danau Nuha tapi lewat pegunungan apa gitu muter lebih jauh lbh lama dari nyebrang Nuha. tapi Adhi Putra bus besar Mi mantep bus nya.

    bus Mega Mas hp Makassar terminal Daya deket bandara 081242911529. berangkat gatau jam berapa dari Daya ke Bahodopi.
    kalo dari Bahodopi berangkat jam 7pagi.

    bus Adhie Putra hp Makassar terminal Daya 081354762901 berangkat jam 17 dari Daya ke Bahodopi
    . dari Bahodopi berangkat jam 7teng pagi. semoga berkah sehat sejahtera damai kawan2 skeluarga

    BalasHapus
  29. 082188366816 dan 085241058797

    bus Khatulistiwa Trans nomer hp terminal Daya deket bandara Makassar tujuan Palu via Mamuju.Rp 300 ribu 22jam ke Palu. 10 jam ke Mamuju. berangkat bada Magrib dari Daya

    085255999729 bus Harvest dari Palu ke Manado 28 jam Rp 325 rb eksekutif

    BalasHapus
  30. Adakah bus besar dari bahadopi palu tolon inpoxa bos makasi

    BalasHapus
  31. Rencana saya mau ke morowali abis lebaran, kira2 ada bus gk yg bisa di tumpangi, posisi saya sekarang di pare-pare.

    BalasHapus